Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis Tinjau Jalan Penghubung Kabupaten Pasaman dengan Kabupaten Padang Lawas

WARTASUMBAR.COM --- Bupati Pasaman, H.Yusuf Lubis bersama kabinetnya meninjau jalan perbatasan Pasaman dengan Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara pada, Senin (15/01/2018).

Pemkab Pasaman tahun 2018 ini menyediakan dana di APBD sebesar Rp7 miliar untuk pembukaan jalan penghubung dua kabupaten dan provinsi tersebut. Tahun ini akan dibangun atau dibuka jalan sepanjang 12 Kilometer.

Pembukaan jalan melalui Kotanopan Rao Kecamatan Rao Utara. Panjang jalan yang akan dibuka sekitar 15 Kilometer, setelah pembukaan tahun inj tersisa sekitar 3 Kilometer lagi yang akan dilanjutkan anggaran tahun berikutnya.

"Ya benar tahun ini kita anggarkan Rp7 miliar untuk pembukaan jalan dua kabupaten tersebut. Sebenarnya tahun 2009 silam sudah pernah dibuka jalan tersebut sepanjang 9Km, namun sekarang tentu perlu ditingkatkan lagi" ujar Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Pasaman, Yasri Uripsah dan Kabid Bina Marga, Novri Indra.

Kondisi jalan saat ini masih tanah tanah sekitar 9 Kilometer, dan sudah cukup parah karena sudah lama tidak dibangun. Makanya tahun ini ditingkatkan pembangunannya ditambah pembukaan jalan ke perbatasan.

Sedangkan Kabupaten Padang Lawas, lanjut Novia Indra sudah membuka jalan menuju perbatasan Pasaman sepanjang 5,6 Kilometer pada tahun 2017. Kini tinggal sekitar 6,5 Kilometer lagi baru sampai ke perbatasan Kabupaten Pasaman.

Nama kampung di perbatasan tersebut adalah Sopo Jaring Kabupaten Padang Lawas. Ada tiga persimpangan di perbatasan tersebut. Kalau belok kanan menuju Kabupaten Mandahiling Natal (Madina) Provinsi Sumut, kalau arah lurus menuju Kabupaten Pasaman tepatnya ke Koto Nopan Rao Kecamatan Rao Utara.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis langsung meninjau jalan tersebut bersama Wakil Bupati Padang Lawas, Sekda, Kepala Dinas PU, Kepala Bappeda, Kabag Humas dan Kabag Tapem Kabupaten Padang Lawas.

Sementara Bupati Pasaman didampingi oleh Kepala Dinas PU, Kepala Bappeda, Kadisporapar, Kadishub, Kesbangpol, dan Kabag Tapem.

"Dengan pembukaan jalan ini, maka akan tumbuh perekonomian baru bagi kedua kabupaten. Sebab akses kedua kabupaten sudah bisa dilalui" sebutnya.

Sesuai kesepakatan antara Pemkab Pasaman dan Pemkab Padang Lawas, jalan ini akan diresmikan dengan cara syukuran potong kerbau pada tanggal 25 Desember 2018 mendatang. (Anto)

 

 

Index Berita