Kabupaten Pasaman salah Satu Kwarcab Tergiat di Sumbar

WARTASUMBAR.COM: PASAMAN --- Ketua Kwarda 03 gerakan pramuka provinsi Sumatera Barat, Yulius ST beserta rombongan Tim penilai melakukan penilaian Kwartir cabang tergiat tingkat provinsi Sumbar 2017 di Kwartir cabang gerakan pramuka 0308/Pasaman pada, Rabu (15/11).

Turut hadir pada penilaian tersebut, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka 0308/Pasaman, M Saleh, Bendahara Kwarda Amril Amir SE MM, Andalan Daerah. Selanjutnya, Tim penilai Kwarcab tergiat tingkat Sumbar, Candrianto ST M.Pd selaku ketua tim penilai, H Alwis S.Ag Sekretaris, Amrullah S.Pd dan Nurhayati Latief selaku anggota Tim penilai.

Ketua Kwarcab 0308 gerakan pramuka Pasaman, M Saleh dalam paparannya mengatakan, laporan pemutakhiran data Kwarcab 0308 gerakan pramuka Pasaman tahun 2017 ini dalam rangka memberikan gambaran mengenai perkembangan kegiatan kepramukaan di wilayah kerja Kwarcab Pasaman.

Dengan tujuan agar pendidikan kepramukaan benar-benar menjadi salah satu lembaga pendidikan non formal sebagaimana yang tertera dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) dan Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

Kata M Saleh, keberadaan Kwarcab Pasaman mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat, salah satu dukungan sarana dan pendanaan dari Pemkab Pasaman.

Untuk dukungan sarana, Kwarcab Pasaman telah difasilitasi bantuan sekretariat/kantor, bumi perkemahan dengan Luas 35.000 M2, satu unit kendaraan roda empat, pembangunan Lemdika yang tengah dalam proses koperasi satu buah.

Selain itu, kata M Saleh bantuan dari Pemda yang bersumber dari APBD Pasaman selama kurun 5 tahun unruk Kwarcab Pasaman yaitu sejak tahun 2012 hingga 2017 sudah mencapai sebesar Rp.1,538.055.000.

Menurutnya, dengan laporan data mutakhir ini diharapkan dapat menjadi sebagai bahan acuan dan informasi tentang perkembangan kegiatan kepramukaan kabupaten Pasaman.

Ka Mabicab Pasaman, AKBP Reko Indro Sasongko dalam sambutannya mengatakan, sejak tahun 2004 hingga 2012, Kwarcab Pasaman terus mendapatkan peringkat setiap tahunnya sebagai Kwarcab tergiat tingkat Sumbar.

"Sekarang penilaian itu dilakukan sekali lima tahun. Kendati tidak setiap tahun, ternyata motivasi dan geliat kegiatan dan pembinaan pramuka di Pasaman terus mengalani kemajuan dan perkembangan yang cukup pesat, hal ini terbukti setiap bulan selalu saja ada kegiatan yang dilaksanakan baik tingkat kecamatan maupun di tingkat Kabupaten," terangnya.

Kata Mabicab, bagi sebagian besar peserta didik di Pasaman ini mereka belum merasa bangga jika tidak menjadikan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikulernya. 

"Peningkatan yang begitu pesat itulah perlu kita respon dengan baik. Sebab, kita semua bertanggung jawab untuk menyiapkan gwnwrasi penerua dan lurus bangsa ibi sebagai sosok yang meniliki kepribadian luhur, cerdas dan mandiri seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang gerakan pramuka Nonor 12 tahun 2010," ucapnya.

Dia menyatakan, tantangan kita kedepan semakin berat maka perlu upaya yang padu dengan segenap komponen yang ada baik pemerintah maupun masyarakat. Oleh sebab itu, mengingat kebutuhan perkembangan kegiatan pramuka di Kabupaten Pasaman terua meningkat, maka kita berikan dukungan baik moril, maupun materil untuk suksesnya gerakan pramuka di Bumi Pasman ini.

"Kita sangat peduli terhadap pembinaan generasi muda ini, karena tujuan pramuka adalah mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral spritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya sehingga mempunyai kepribadian, berbudi luhur, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Reko.

Ia menambahkan, tujuan itu selaras dengan visi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yakni, terwujudnya masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

Dikatakannya, wujud nyata komitmen pemda dalam memajukan gerakan pramuka Pasaman dibuktikan dengan memberikan bantuan dana dan kantor sekretariat yang cukup representatif ditambah dengan satu unit kensaraan opeasional yang siberikan sejak tahun 2009 lalu.

"Terkait penilaian Kwarcab tergiat tahun ini, kita optinis bahwa Kwarcab Pasaman dapat membuktikan sebagai salah satu Kwarcab tergiat di Sumbar," tandasnya.

Sementara itu, Yulius ST selaku Pejabat Ketua Kwarda Sumbar dalam sambutannya mengatakan, gerakan pramuka adalah gerakan membangun generasi muda dan mencari calon pemimpin masa depan.

"Gerakan pramuka itu cinta akan tanah air, dan cinta NKRI. Jika ada yang bilang pramuka tidak mendukung NKRI maka mereka itulah yang tidak mendukung NKRI ini," tegasnya.

Katanya, tugas kita sangat berat saat ini generaasi muda kita sudah banyak yang mengarah ke budaya barat. 

"Jika kita tidak segera mengantisipasinya siapa lagi. Untuk itu, unjung tombak gerakan pramuka di gugus depan adalah kakak-kakak pembina pramuka yang ada di seluruh Indonesia," ujarnya.

Lebih jauh disampaikannua, penilaian kwartir cabang tergiat yang dibarengi dengan pembinaan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar di kabupaten/kota se Sumbar merupakan agenda rutin sekali lima tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kegiatan Kwartir Cabang Pramuka.

Yulius menerangkan bahwa, Lomba kwartir cabang tergiat tingkat Sumbar ini sebenarnya hanyalah sebuah alat untuk mencapai tujuan, yaitu meningkatkan kinerja dan kegiatan Kwartir Cabang di Sumbar.  

Sebenarnya lomba ini adalah pembinaan dan peningkatan semangat, kemampuan dan prestasi kerja tiap kwartir cabang sebagai upaya meningkatkan mutu peserta didik di Sumbar khususnya dan Gerakan Pramuka pada umumnya,” kata Yulius.

"Kita yakin, dengan melihat prestasi Kwarcab sejak tahun 2004-2012, kita yakin Pasaman bisa meraih prestasi tergiat tingkat Sumbar. Terimakasih diharapkan tahun ini tetap dapat dipertahankan, bahkan meningkat ke rangking yang lebih tinggi,” harapnya.

Dia melanjutkan, Kwarda Sumbar selalu berusaha menyempurnakan pelaksanaan Lomba Kwartir cabang tergiat ini yakni dengan memperbaiki sistem penilaian, materi dan tata cara penilaian agar lebih objektif, transparan dan mencakup keseluruhan aspek penyelenggaraan kegiatan Kepramukaan di Kwartir Cabang.

Terpisah, Sekretaris Kwarcab Pasaman, Nasri Can juga menuturkan, hasil evaluasi dan masukan dari tim kwarda akan menjadi bahan kwarcab untuk meningkatkan kualitas kegiatan menjadi lebih baik. (Tim)