Kepala Baru Puskesmas Cubadak Disinyalir Sengaja Lalaikan Pasien

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Penanganan oleh Puskesmas Cubadak, Duo Koto, terhadap Amraini (65 tahun), korban tewas akibat jatuh dari pohon durian pada (18/2/2018), meninggalkan berbagai pertanyaan. Korban, lebih kurang dua jam warga Simpang Kalam, Nagari Cubadak, Kecamatan Dua Koto ini, terlantar di ruang Puskesmas tersebut tanpa ditangani dokter. Berat dugaan, hal tersebut terjadi, akibat tidak adanya dokter jaga di Puskesmas tersebut.

Demikian keterangan salah seorang tokoh masyarakat Dua Koto, Hamdan, yang juga famili dari korban.

Ketika dikonfirmasi kepada dr.Tarigan, sebagai Kepala Puskesmas yang baru dan dilantik pada 14 Februari 2018 yang lalu, kejadian tersebut, belum menjadi tanggungjawabnya. Karena sampai kejadian tersebut, katanya, belum ada serah-terima jabatan antara dr. Vivi dengan dirinya. Sementara, dr. Vivi sebagai mantan Kepala Puskesmas Cubadak, langsung menjalankan tugas barunya di RSUD Lubuk Sikaping setelah pelantikan.

Lepas tanggungjawab dr.Tarigan terhadap peristiwa mengenaskan ini, ditanggapi berbagai pihak sebagai sesuatu yang tidak beralasan. Karena seharusnya dr.Tarigan bertanggungjawab terhadap kinerja Puskesmas Cubadak, terhitung sejak dilantik sebagaimana yang tertera dalam Surat Keputusan pengangkatannya. Dimana salah satu klausul dari SK Pengangkatannya sebagai kepala Puskesmas Cubadak, berlaku sejak dilantik pada tanggal 14 Februari 2018. Bukan sejak serah-terima jabatan.

Ketika hal ini dipertanyakan kepada Amdarisman, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, ia membenarkan dr.Tarigan.

Tanggapan salah seorang tokoh masyarakat Dua Koto, Yunzar Lubis, ia justru mempertanyakan, "Ada apa antara Amdarisman dengan dr. Tarigan, desain apa yang mereka mainkan ?". 

Menurut Yunzar Lubis, jika logika Amdarisman diikuti, ia sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, mengapa membiarkan begitu lama Kepala Puskesmas Cubadak tidak melaksanakan serah- terima jabatan, sedangkan mantan kepala Puskesmas yang digantikan dr.Tarigan sudah menjalankan tugasnya ditempat yang baru, dan Kepala Puskesmas Cubadak dalan keadaan kosong.(101)

Index Berita