KPU Pasaman Barat Sudah 99 % Tuntaskan Ratusan Data Ganda Parpol

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN BARAT --- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, sudah menuntaskan 99 % ratusan data ganda Partai Politik yang terdaftar di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Hal ini disampaikan langsung oleh Divisi Hukum KPU Pasaman Barat, Baldi Pramana kepada wa Sabtu (11/11/2017).

"Saat penelitian Administrasi dan pencocokan dengan data Sipol, kami menemukan sebanayak 615 Data ganda Parpol. Sampai saat sudah 99 % kami tuntaskan data tersebut dengan cara menemui pemilik KTP yang bersangkutan door to door," jelasnya.

Baldi Pramana mengatakan ada enam penyebab data parpol tidak memenuhi syarat dan bermasalah sesuai yang diatur didalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 yaitu pengurus tidak boleh berasal dari PNS,TNI, Polri, Usianya dibawah 17 tahun, ganda internal, dan ganda eksternal.

Lebih lanjut Baldi Pramana mengatakan data ganda Patpol tersebut didominasi oleh akibat data ganda Eksternal dan banyak yang tidak memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Parpol pilihannya.

"Dari semua data ganda tersebut didominasi oleh data ganda eksternal. Dimana dengan satu KTP terdaftar dibeberapa Parpol. Kemudian saat ke lapangan kami menemukan pemilik KTP belum mengantongi KTA Parpol pilihannya, dengan alasan belum diserahkan oleh pengurus Parpol yang bersangkutan," terangnya.

Atas kejadian ini KPU Pasaman Barat menghimbau kepada semua Parpol yang belum menyerahkan KTA, untuk segera memberikan KTA pengurus yang bersangkutan.

"Kepada semua Parpol kami himbau agar menyerahkan KTA pengurusnya kepada yang bersangkutan. Nanti akan diberikan waktu 14 hari terhadap Parpol untuk memperbaiki datanya yang bermasalah dari tanggal 18 November- 01 Desember 2017, siap itu baru kita periksa lagi data Parpol tersebut," tutupnya.(Anto)

  • Whatsapp

Index Berita