Kwarcab Gerakan Pramuka Pasaman Mendapat Piagam Predikat Tergiat I

PASAMAN --- Gubernur Sumbar H.Irwan Prayitno menyerahkan secara resmi Piagam Predikat Tergiat I kepada Ketua Kwarcab 0305/Gerakan Pramuka Pasaman H.M.Saleh di Padang .

"Ya Alhamdulillah, beberapa hari lalu Pasaman berhasil meraih penghargaan dibidang kepramukaan. Pasaman berhasil meraih tergiat I tingkat provinsi Sumbar. Piagam tergiat itu langsung diserahkan oleh Bapak Gubernur Sumbar Irwan Prayitno," ujar M Saleh Ketua Kwarcab Pasaman pada Rakyat Sumbar di Lubuksikaping, Senin (4/12).

Ketua Kwarcab Pasaman, M Saleh mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena Kwarcab Pasaman menjadi tergiat I tahun ini.

Kata Sekda, penghargaan yang kita terima ini tidak terlepas dari dukungan semua komponen, baik dari komponen pengurus kwarcab, pengurus Kwaran, pemerintah daerah, masyarakat serta dukungan dari media massa.

"Penghargaan ini juga tidak terlepas dari dukungan penuh Pemerintah Daerah yang dipimpin Bupati H.Yusuf Lubis dan Wakilnya H.Atos Pratama, dengan telah memfasilitasi sarana dan pendanaan termasuk gedung sekretariat, bumi perkemahan, serta fasilitas lainnya semacam kendaraan operasional.

“Terima kasih atas dukungan Bapak bupati dan wakilnya sehingga membuahkan hasil yang manis”, ucap Sekda M Saleh.

Ia menyebutkan, dengan ditetapkannya Pasaman sebagai tergiat I ini, tentu ada tanggung jawab moral dan sekaligus tantangan bagi kita semua, supaya prediket yang kita terima kemarin betul betul sesuai harapan kita.

"Dari segi kegiatan Kwarcab Pasaman menjadi tergiat I tingkat Sumbar berdasarkan penilaian, harapan kita tentu tidak hanya sekedar menerima penghargaan semata, namun hal ini kedepan tentu harus dibarengi dengan implementasinya. Seperti, generasi muda kita kedepan tentu harus lebih banyak lagi yang aktif dalam kegiatan kepramukaan ini," ujarnya.

Karena menurutnya, kegiatan kepramukaan ini, merupakan kegiatan kepanduan yang memberikan contoh teladan kepada generasi muda yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Jika generasi muda kita sudah disibukkan dengan kegiatan kepremukaan, kedepan kita berharap generasi muda kita terhindar dari kegiatan negatif seperti, narkoba, miras dan obat obatan terlarang lainnya," terangnya.

M Saleh mengingatkan, kepada seluruh jajaran Kwarcab dan kwaran Pasaman kedepan agar dapat mempertahankan prediket tergiat I Sumbar yang baru kita terima dari Gubernur Sumbar itu.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Kwarcab Pasaman Nazri Can. Ia mengharapkan prestasi seperti ini kedepan terus berlanjut dengan semakin aktifnya program kegiatan pramuka mulai tingkat kabupaten hingga ranting.

Karena kata Nazri Can, pendidikan kepramukaan itu benar-benar menjadi salah satu lembaga pendidikan non formal yang dapat mencetak generasi bangsa berkualitas, mandiri dan terampil sesuai dengan tujuan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.(Anto)