Launching Pos Terpadu Lingkungan Berbasis Masyarakat,“Posterling Be-Smart”

PASAMAN --- Kepala Dinas Kesehatan Amdarisman, membuka acara Launching pos terpadu lingkungan berbasis masyarakat,“Posterling Be-Smart”, diwilayah kerja puskesmas Sundatar, di Aula Kantor Camat Lubuksikaping, Senin (04/12)

Turut hadir dalam acara ini, Anggota DPRD Pasaman Fraksi Golkar Suci Yulia,SH , Kepala Dinas Kesehatan Amdarisman, Camat Lubuksikaping Mardianto, Muspika, Koramil,Polsek serta perawat puskesmas Sundatar dan masyarakat . 

Amdarisman dalam sambutannya, Kelompok pos terpadu berbasis Masyarakat “Be-Smart” dimana kelompok ini adalah bentukan dari perpanjangan tangan Pemerintah dalam mengedukasi masyarakat untuk dapat membantu kesehatan lingkungan dalam rangka mendukung pembangunan dan peningkatan kesehatan masyarakat di kecamatan lubuksikaping dan Kabupaten Pasaman pada khususnya.

Ditambahkannya juga, dengan pengaktifan Posbindu di Puskesmas, diharapkan dapat membantu masyarakat yang ingin berobat. Pelayanan Posbindu nantinya diharapkan mampu bekerja secara proaktif untuk mengajak masyarakat memeriksakan diri secara berkala dalam mencegah penyakit PTM ( Penyakit Tidak Menular ) serta mampu menurunkan angka kematian akibat Penyakit PTM seperti serangan jantung, hipertensi dan penyakit lainnya.

"Pelayanan Posbindu, mewujudkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara door to door atau jemput bola, dimana kesehatan yang dibentuk nantinya akan secara berkala mengunjungi masyarakat langsung ke rumah-rumah warga. " Ujarnya 

Camat Lubuksikaping, Mardianto juga berharap “Be-Smart” yang merupakan pilot project bentukan Kelompok pelayanan Masyarakat di kecamatan Lubuksikaping dapat mengoptimalkan fungsi dan tugasnya, serta menjadi sarana warga untuk bersilaturahmi dan saling mendukung dalam pembangunan dan kesehatan lingkungan masyarakat Nagari sundatar dan khususnya kecamatan Lubuksikaping. 

Terpisah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pasaman Suci Yulia,SH , mengapresiasi langkah Puskesmas Sundatar yang melakukan pos terpadu lingkungan berbasis masyarakat, "Posterling Be-Smart,".

“Kita harus akui bahwa masalah kesehatan dan antisipasi wabah penyakit ini bukan hanya tanggung jawab dinas Kesehatan tetapi merupakan tanggung jawab semua pihak. Minimal "Posterling Be-Smart”menjadi penggerak terciptakan kesadaran masyarakat hidup sehat,” kata Suci .(Anto)