Memeriahkan Hari Pramuka ke 56 tahun 2017 Berbagai Rangkaian Kegiatan di adakan

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN - Ketua Kwartir Cabang 0308/Pasaman yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, dan Kebudayaan Pasaman, Ashari secara resmi membuka kegiatan lomba PBB Bertongkat, dan lomba Tata Upacara yang diikuti oleh pembina pramuka se Kwaran Pasaman, bertempat di pelatatan Gor Tuanku Rao Lubuksikaping,  Kamis (21/9).  Kegiatan lomba tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke 56 tahun 2017.

Kegiatan pembukaan lomba tersebut, juga dihadiri oleh, Sekretaris Kwarcab Nazri Chan, Seluruh andalan cabang,  Kakwaran,  Kamabiran,  Kamabigus,  dan pembina se Pasaman. 

Asari yang juga anggota Mabicab Pasaman, sangat mengapresi kegiatan yang dilaksanakan Kwarcab 0308/Pasaman yang selalu mengairahkan kegiatan kepramukaan di Kabupaten Pasaman. Kegiatan ini merupakan realisasi amanat Undang-undang Nomor 12 tahun 2010. 

 "Saya bangga sekaligus berterimakasih atas inisiatif Kwarcab 0308/Pasaman sebagai penyelenggara kegiatan lomba dalam memeriahkan HUT Pramuka ke 56 ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya, " ucap Asari.

Menurut Asari,  kegiatan lomba yang diikuti seluruh pembina di 12 Kwaran se-Pasaman ini sangat penting dilaksanakan bagi pembina guna mengembangkan kegiatan positif di setiap kwaran nantinya.

Katanya, pelaksanaan kegiatan lomba ini dimaksudkan memberikan wadah yang terarah bagi pembina yang ada di seluruh Kwaran di daerah ini,  sehingga diharapkan pembina dapat meningkatkan pengetahuan,  pengalaman,  keterampilan,  serta mengembangkan dirinya.

"Upaya ini juga dalam rangka penanaman sikap disiplin,  patriotisme,  dan cinta tanah air, " tegasnya.

Ia juga menjelaskan, pembina pramuka sebagai pelaksana kebijakan Gerakan pramuka yang terdepan mengemban tugas untuk memberikan pendidikan di daerah agar peserta didik menjadi manusia berkepribadian, berwatak,  dan berbudi pekerti luhur. Serta, menjadikan warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila,  setia dan patuh kepada negara kesatuan republik Indoneaia,  serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna nantinya. 

Dengan adanya kompetisi yang diikuti oleh seluruh pembina  se Pasaman ini,  kedepan dapat mengembangkan ilmu dan kreativitas peserta didik di setiap gugus depan (gudep)  yang mereka bina. "Jika pembinanya telah bagus, tentu kedepan pembina akan mampu membentuk karakter generasi muda yang handal dan memiliki integritas moral yang tinggi sebagaimana yang terkandung dalam isi Dasa Dharma Pramuka," ucap Kak Asari (sapaan dalam kepramukaan-red).

Lebih jauh disampaikannya, dalam 10 dasa dharma ada pesan moral yang harus kita realisasikan. Aspek moral dan karakter yang ada dalam dasa dharma tidak saja diimplementasikan oleh para pelajar, tetapi para pembina, petinggi bangsa, dan apapun jabatan kita, aspek ini bisa kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum menutup sambutannya, Asari mengucapkan selamat kepada para peserta, ” Selamat berkompetisi dan bersaing, teruslah semangat menimba ilmu di organisasi kepramukaan, " tandasnya. 

Dengan kegiatan ini,  para pembina mudah-mudahan bisa menjadi contoh teladan bagi kawan-kawan di daerah dan Sekolah, serta mampu menularkan ilmunya kepada anak didiknya. "Semoga insan pramuka di Kabupaten Pasaman bisa terus maju melaksanakan pembangunan yang ada di Kabupaten Pasaman ini," harapnya. 

Sementara itu,  Sekretaris Kwarcab 0308/Pasaman, Nazri Can didampingi, Wakilnya, Muslim Munir mengatakan, kegiatan lomba PBB bertongkat dan Tata Upacara ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke 56 tahun 2017.

Katanya,  lomba tersebut diikuti sebanyak 480 peserta yang berasal pembina di 12 Kwaran se Pasaman. Setiap Kwaran mengutus sebanyak 40 peserta,  yang terdiri dari 20 pembina laki-laki, dan 20 pembina perempuan. "Untuk jenis lomba peserta pembina akan mengikuti lomba seperti PBB bertongkat,  dan tata cara upacara," terangnya. 

Dia menambahkan,  untuk tim penilai,  panitia mendatangkan juri dari luar daerah sebanyak 9 orang yakni, 6 orang juri dari Purna Racana Universitas Negeri (UIN) Imam  Bonjol Padang,  2 orang dari pihak kepolisian,  dan 1 orang dari pihak TNI. 

"Bagi pemenang lomba ini,  baik juara I,  II dan III panitia akan memberikan hadiah berupa tropy," tukasnya. (Anto) 

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita