Panwaslu Pasaman Gelar Rakernis Bersama Seluruh Panwascam Hadapi Pemilu 2019

PASAMAN --- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasaman menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dengan seluruh Panwascam guna memaksimalkan persiapan pengawasan Pemilu 2019 mendatang, Jum'at (24/11/2017).

Kegiatan yang diadakan di Aula Arumas Hotel Sari Rasa Lubuk Sikaping berlangsung dari Tanggal 23-24 November 2017.

Dalam kesempatan itu Ketua Panwaslu Pasaman, Rini Juita mengatakan perlunya kegiatan tersebut bagi semua Panwascam.

"Kegiatan ini sangat urgent dilaksanakan, mengingat pemilu 2019 mendatang semakin dekat. Tentu semua persiapan harus kita siapkan sejak dini, agar hasilnya juga nanti maksimal," katanya.

Rini Juita mengatakan Rakernis ini lebih rinci mengupas tentang upaya preventif dalam melakukan pengawasan Pemilu.

"Kegiatan ini lebih fokus mengupas tentang upaya-upaya preventif yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan sebelum terjadinya pelanggaran pemilu. Ini juga Berdasarkan pengalaman pemilu yang lalu, banyaknya terjadi pelanggaran pemilu di Pasaman. Makanya sebelum itu semua terjadi kita upayakan mengedepankan pencegahan dari pada menindak," terang Rini Juita.

"Pencegahan dini terhadap terjadinya pelangggaran dapat dilakukan melalui pemetaan potensi rawan pelanggaran. Kemudian melalui Sosialisasi dan mengajak Masyarakat berpartisipasi dalam melakukan pengawasan Pemilu," tambahnya.

Divisi Pencegahan, Mesrawati mengatakan melalui adanya upaya preventif itu bisa meminimalisir tingkat pelanggaran pemilu.

"Dengan ditetapkannya pojok-pojok pengawasan per Nagari, ini tentu bisa meminimalisir tingkat pelanggaran pemilu," katanya.

"Kemudian Panwascam bisa mengumpulkan masyarakat, lakukan sosialisasi dan ajak bekerjasama mewujudkan kualitas pemilu yang bersih. Jika memang ada pelanggaran beri kesempatan kepada masyarakat untuk melaporkan langsubgvkepada Panwaslu," tambahnya.

Sementara itu Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Kristian mengaku money politik masih masalah krusial yang susah hilang ditengah-tengah masyarakat.

"Kegiatan ini juga kita tidak pernah bosan mengusahakan agar money politik ini memang minim terjadi. Sebab saya selaku Divisi Penindakan, sangat miris jika memang angka money politik tetap mendominasi pada pemilu 2019 mendatang. Makanya kita kumpulkan semua Panwascam disini, diberi pemahaman teknis pengawasan agar tidak canggung dilapangan. Karena setiap pesta Demokrasi digelar tidak bisa dipungkiri adanya praktek-praktek baru olwh oknumtertentu dalam pelanggaran pemilu," jelas Kristian.

Dalam kesemempatan itu, Kepala Sekretariat Panwaslu Pasaman , Refkhi Mukhliza juga memberikan pemahaman teknis dalam menyusus dan tata kelola Administrasi Panwascam.

"Kita juga memberikan pemahaman teknis penyusunan dan tata kelola semua administrasi laporan Panwascam. Sebab semua kegiatan tidak akan lepas dari laporan Administrasi. Jadi kita berharap semua Panwascam memilih staf administrasinya di masing-masing Kecamatan memang mumpuni dan menguasai IT. Jika tidak nanti dikuatirkan bisa fatal kesalahannya dan laporannya bermasalah. Ujung-ujungnya kita juga yang kewalahan," pungkas Riki.(Heri/Anto)