Panwaslu Pasaman Membangun Sinergitas dengan Mahasiswa, Ormas, Tokoh Masyarakat  dan Media

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) adakan Rapat Koordinasi Pengawasan pemilu partisipatif dengan tema "Membangun sinergitas dengan mahasiswa, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat, serta media," yang dilaksanakan di Aula Arumas Hotel Lubuksikaping , Rabu (13/12). 

Dalam kegiatan itu hadir Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Surya Efltrimen, S.Pt, MH , Ketua Panwaslu Kabupaten Pasaman Rini Juita, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Mesrawati, Divisi Penindakan dan Pelangaran, Kristian, Sekretaris Panwaslu Pasaman, Refki Mukhliza, anggota Panwascam se Pasaman, narasumber dari UIN Padang Fauzan. 

Kepala Sekretariat, Refki Mukhliza dalam laporannya mengatakan, rapat Koordinasi pengawasan Pemilu Partisipatif ini mengusung tema "Membangun sinergitas dengan mahasiswa, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat serta media".

"Kegiatan Rakor ini, dasar hukumnya adalah, Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum," terangnya.

Refki menyebutkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 38 peserta yang terdiri dari mahasiswa, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, dan kalangan media.

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita mengatakan, rapat kordinasi ini di maksudkan sebagai langkah preventif terhadap berbagai kemungkinan terjadinya pelanggaran pemilu. Bahkan, membangun pemahaman yang menyeluruh bagi masyarakat terhadap proses pengawasan pemilihan umum tahun 2019 yang berkualitas dan berintegritas.

“Kegiatan ini tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan hak pilih dalam pelaksanaannya nanti,” ungkapnya.

Begitu juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang teknis penyelenggaraan dan pengawasan tahapan pemilu 2019 mendatang.

Dirinya menambahkan, selain itu juga dapat mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan.

“Kami mengajak kepada masyarakat mari sama-sama mengawasi bersama pelaksanaan pemiku 2019 mendatang,” pintanya.

Sementara itu, Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Kristian berharap kepada semua lapisan masyarakat jangan takut dan ragu untuk melaporkan setiap pelanggaran pemilu yang terjadi dilapangan.

"Sebelum terjadi pelanggaran, meminimalisir itu lebih baik dari pada menindak pelaku. Makanya kita gencarkan sosialisai tentang komitmen bersama untuk mengawasi pesta demokrasi 2019 mendatang. Kita juga meminta semua lapisan masyarakat dilapangan jangan ragu-ragu dan takut untuk melaporkan setiap kejadian pelanggaran pemilu kepada Panwaslu," tandasnya.

Dosen UIN Padang, Fauzan selaku narasumber dalam kegiatan itu menegaskan bahwa dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu partisipasi masyarakat sebagai salah satu aktor utama pemilu memiliki peran penting untuk ikut memastikan kualitas penyelenggaraan pemilu. 

"Masyarakat bisa berpartisipasi karena partisipasi Masyarakat (Pengawasan Partisipatif) ini memang juga diamanatkan dalam Undang-Undang Pemilu," ujarnya.

Fauzan menjelaskan, bentuk partisipasi rakyat yang dimaksud bukan hanya dalam bentuk penggunaan hak suaranya di tempat pemungutan suara semata.

"Bukan hanya memilih, tetapi ajak orang untuk ikut mengawasi. Karena ikut mengawasi butuh banyak pengetahuan teknis, maka forum-forum seperti ini jadi penting dilakukan," kata Fauzan dalam paparannya saat menjadi narasumber dalam rapat tersebut.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Provinsi Surya Efltrimen, S.Pt, MH memaparkan ,seluruh masyarakat dan media juga dapat berpartisipasi dengan mencegah pelanggaran serta secara aktif turut mengawasi/memantau seluruh tahapan pemilihan.

"Media adalah mitra panwaslu yang merupakan memberikan informasi pelanggaran serta secara aktif turut mengawasi/memantau seluruh tahapan pemilihan,"tuturnya.

Kemudian, ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilu adalah dengan cara melaporkan terjadinya pelanggaran kepada pengawas pemilu.

"Secara substansial, seluruh lapisan masyarakat punya tugas untuk pastikan pemilu berjalan dengan baik dan berinregritas," kata Surya. (Anto) 

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita