Pelamar Panwascam Lulus Ujian Tertulis di Pasaman Sudah Diumumkan, Ini Tahapan Seleksi Selanjutnya

 

PASAMAN --- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, secara resmi sudah mengumumkan calon anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) yang dinyatakan lulus ujian tes tertulis pada hari Minggu, (05/11) lalu.

Sebanyak 192 orang pelamar yang lulus administrasi, namun hanya 183 orang ikut tes tertulis. Sembilan orang lagi yang tidak hadir saat ujian di Gedung Kogsda KPN RI Lubuk Sikaping (04/11) dinyatakan gugur. 

Saat ini sudah ditetapkan calon anggota yang lulus tes tertulis sebanyak enam orang setiap Kecamatan di Pasaman.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panwaslu Pasaman Rini Juita pada wartasumbar.com, Senin (06/11/2017).

Lebih lanjut Rini Juita mengatakan pelamar yang dinyatakan lulus itu sudah melalui mekanisme yang benar sesuai yang diatur dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

"Pelamar yang lulus memang enam nilai tertinggi, sesuai mekanisme UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017. Untuk selanjutnya akan dilakukan tes wawancara terhadap seluruh pelamar yang dinyatakan lulus tertulis," terang Rini Juita.

Kemudian Divisi penindakan pelanggaran, Kristian mengatakan jumlah Panwascam yang akan direkrut tiga orang per kecamatan.

"Bagi pelamar yang masuk enam besar setiap kecamatan, setelah melewati tahap wawancara akan direkrut menjadi tiga orang anggota yang terbaik,"katanya.

Lebih lanjut Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar lembaga, Mesrawati mengatakan dalam perekrutan Panwascam akan tetap mengedepankan profesionalisme tanpa unsur nepotisme.

"Perekrutan ini tetap kita kedepankan Profesinalisme kerja tanpa unsur nepotisme. Dalam tes wawancara nanti akan kita tanya kelanjutan pemahaman pengetahuan seputar kepemiluan," jelas Mesrawati.

Sementara itu Kepala Sekretariat Panwaslu Pasaman Refki Mukhliza mengatakan jadwal tes wawancara tersebut akan dilaksanakan dua hari yaitu dari tanggal 08-09 November 2017 yang bertempat di Gedung Kogsda KPN RI Lubuk Sikaping dan sekretariat Panwaslu Pasaman.

"Untuk efektivitas pelaksanaan tes wawancara kita laksanakan dua hari kerja di Gedung Kogsda KPN RI Lubuk Sikaping dan Sekretariat Panwaslu Pasaman. Dihari pertama Rabu, 08 November 2017 dari Pukul 08.00 WIB s.d Selesai untuk wilayah Kecamatan Mapattunggul Selatan, Rao Utara dan Mapattunggul. Kemudian dihari yang sama dari Pukul 10.00 WIB s.d Selesai untuk wilayah Kecamatan Bonjol, Simpang Alahan Mati dan Lubuk Sikaping yang dilaksanakan di Gedung Kogsda KPN RI Lubuk Sikaping," terang Refki.

"Untuk hari kedua Kamis, 09 November 2017 dari Pukul 08.00 WIB s.d wilayah Kecamatan Dua Koto, Tigo Nagari dan Padang Gelugur. Kemudian dihari yang sama dari Pukul 10.00 WIB s.d selesai wilayah Kecamatan Rao, Rao Selatan dan Panti yang dilaksanakan di Sekretariat Panwaslu Pasaman," pungkasnya.(Heri/Anto)