Penerapan Sistim Pemilu Demokrasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasaman 

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN,---Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasaman sudah menerapkan sistem pemilihan umum (Pemilu) Demokrasi untuk pemilihan Ketua dan Wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2017-2018 dilapangan upacara sekolah. Senin (25/09)

Dilakukan kampanye terbuka oleh tiga pasangan kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS.diantaranya , Afdoli Sinaloan berpasangan dengan Risma Yulia. Selanjutnya, Sulham Efendi berpasangan dengan Pujiono, serta Rahman berpasangan dengan Beni Saputra.

Darwin,Kepala Sekolah MAN 1 Pasaman, mengatakan, penerapan sistem pemilu untuk pemilihan ketua OSIS di sekokah ini bertujuan dalam rangka menumbuhkan kesadaran generasi muda akan pentingnya pemilu dalam berdemokrasi.

"Maka dari itu, anak-anak diharapkan menjadi pemilih yang cerdas dan berintegritas dan wujudkan nilai-nilai demokrasi yang luhur dalam kehidupan sehari-hari," kata Darwin.

Disamping itu, melalui kegiatan ini pihak sekolah mengajak peran serta pemilih pemula agar menggunakan hak pilih mereka pada pemilu tahun 2019 mendatang.

Ketua KPU Pasaman, Jajang Fadli sangat mengapresiasi pihak sekolah dan OSIS di MAN 1 Pasaman yang telah menumbuhkan kesadaran generasi muda akan pentingnya pemilu dalam berdemokrasi.

"Pogram KPU 'Goes to School' ini merupakan agenda kegiatan KPU Pasaman dalam rangka menumbuhkan kesadaran generasi muda akan pentingnya pemilu," terangnya.

Sementara itu, Pembina OSIS MAN 1 Pasaman, Israfina menambahkan, kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini sudah kita koordinasikan dengan pihak KPU Pasaman, baik masalah bilik dan kotak suara serta format daftar pemilih yang akan difasilitasi oleh KPU Pasaman.

""Selama ini, anak-anak didik kita hanya belajar masalah teori saja, namun praktiknya akan kita perlihatkan yang sesungguhnya dalam pemilihan ketua OSIS di sekolah ini nantinya," tandasnya.(Anto)

 

 

  • Whatsapp

Index Berita