Polres Pasaman Gelar Upacara Peringatan HUT Satpam ke 73

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN----Polres Pasaman Provinsi Sumatera Barat laksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Keamanan (Satpam) ke 73 di lapangan kantor Polres Pasaman, Sabtu (30/12/17).

Upacara ini berlangsung sekitar jam 09.00 pagi yang diikuti oleh Kapolres Pasaman Hasanuddin, SH dan Waka Polres Pasaman Kompol Suyono. Kemudian juga dihadiri para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira serta beberapa Satpam dan para undangan.

Dari pantauan awak media kegiatan ini berjalan aman dan tertib. Setelah upacara dilanjutkan dengan acra syukuran pemotongan Tumpeng oleh Kapolres Pasaman dan diserahkan kepada Satpam tertua dan termuda.

Pada kesempatan ini Kapolres Pasaman Hasanuddin, SH menyampaikan bahwa Satpam merupakan salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang bertugas membantu Polri dibidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat. Satpam memiliki kewenangan kepolisian terbatas dalam lingkungan pemukiman, perusahaan, perkantoran dan lingkungan kerja lainnya dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. 

Beliau juga menjelaskan bahwa hal itu diatur dalam pasal 3 ayat (1) UU Nomor 2 tahun 2002. "Mereka ini melaksanakan fungsi kepolisian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar hukumnya yaitu Peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi Perusahaan atau Instansi dan Lembaga Pemerintah", katanya.

"Diharapkan ke depannya terjadi kerjasama yang baik antara Satpam dan Polri termasuk dengan pengguna Satpam dan Badan Usaha Jasa Pengamanan yang ada. Polri siap melakukan pembinaan terhadap Satuan Pengaman sebagai salah satu potensi masyarakat yang membantu tugas Polri dalam memelihara Kamtibmas" harapnya. (101)

Index Berita