Syahiran Minta Alumni STAI YAPTIP Jadi Promotor Majukan Sektor Pendidikan di Pasaman Barat

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN - Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran pada Rapat Senat Terbuka wisuda strata 1 (S1) STAI YAPTIP Pasbar angkatan XIX 2017 di auditorium kampus setempat, Sabtu (23/12/2017) menyampaikan bahwa alumni merupakan potensi besar yang kiprahnya harus tetap ada untuk mendukung perkembangan pendidikan.

"STAI YAPTIP Pasbar memiliki lebih dari Seribu Alumni. itu potensi yang sangat besar sekali jika bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memajukan sektor pendidikan di Pasaman Barat," ungkap Syahiran.

Dikatakan, peran alumni tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab pentingnya dan strategisnya status tersebut dalam hal kemajuan pendidikan. Namun sekarang ini, banyak alumni yang setelah tamat atau sekian waktu, tidak lagi ingat akan kemajuan daerahnya.

"Jangan lupakan almamater, tetaplah berbakti kepada Kampus yang membesarkan kita, berbakti pada almamater. Kemudian buatlah sebuah gerakan dari Alumni untuk kemajuan kita bersama disini," pungkasnya.

Diakhir sambutannya, Syahiran berpesan pada wisudawan/i agar senantiasa menjaga nilai luhur dan budi pekertinya, agar selalu berterima ditengah masyarakat maupun dilingkungan kerja nantinya.

"Saya minta saudara jadi contoh dalam masyarakat. Modal kita hanya berkeja baik dan tulus. Jangan saling menyakiti, karena kita kader Islam. Capailah cita-cita setinggi mungkin," Syahiran mengakhiri.

Sekretaris Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat menambahkan, bahwa masyarakat jangan ragu terhadap kampus STAI YAPTIP, karena kampusnya legal dan semua program studi telah terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Tiga prodi sudah terakreditasi di BAN-PT diantaranya prodi Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Perbangkan Syariah dan Prodi Menajemen Pendidikan Islam", sebutnya.

Sementara itu, ketua Yayasan STAI YAPTIP Pasbar, Muhammad Rajani Matondang menyampaikan bahwa ilmu yang diperoleh oleh wisudawan di kampus tersebut hanyalah sebagai modal dasar dalam menempuh perjalanan selanjutnya. Selebihnya, nantinya akan dikembangkan sendiri oleh pribadi wisudawan itu sendiri di lingkungannya masing-masing," ungkap Rajani.

"Ilmu yang sekarang hanyalah sebagai modal dasar. Jangan berhenti berupaya mengembangkannya. Jangan berhenti menuntut ilmu," katanya.

Lebih jauh dijelaskannya, kehidupan alumni YAPTIP Pasbar harus selalu berlandaskan agama dimana pun Ia berada. Citra Yayasan harus senantiasa dijaga, sebab itu merupakan tanggung jawab moril yang secara otomatis diemban oleh seorang alumni.

"Buatlah yang terbaik yang bisa dilaksankan dikingkungan, sekecil apa pun itu. Ramaikan mesjid dan jadilah promotor setidaknya di lingkungan sendiri dahulu. Sesuai dengan motto kita, sehati mencerdaskan umat. Kita harus selalu ingat hal itu.

Rapat Senat Terbuka Wisuda Strata 1 (S1) STAI YAPTIP Pasbar angkatan XIX 2017 diakhiri dengan penyerahan 125 orang alumni yaptip dari Ketua STAI YAPTIP Pasbar, Mita Fitria, MA kepada caretaker alumni YAPTIP, Idenvi Susanto, S.Pd.(Heri/Anto)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita