Temuramah Anggota Koperasi Gabungan Kelompok Tani dengan Hj. Emma Yohanna Anggota DPD RI

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Emma Yohanna Anggota DPR RI mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu didukung terus agar berkembang. Sebab, sektor UMKM bisa menjadi mengangkat ekonomi masyarakat luas

Hal tersebut disampaikan Emma Yohanna saat hadir dalam acara temu ramah dengan anggota Koperasi Gapoktan Sinar Harapan Baru, Nagari Persiapan Sundatar Selatan, Kecamatan Lubuksikaping, Rabu (2/5).

"UMKM Pasaman perlu terus didukung oleh Pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM Pasaman. Sebab, dengan adanya usaha mandiri kerakyatan seperti ini, maka bisa membantu perekonomian keluarga, dan dari keluarga bisa menular ke tetangga hingga akhirnya ke masyarakat luas," ujar Emma Yohanna.

Anggota DPR RI ini mengatakan, sebenarnya banyak UMKM di Pasaman yang bisa dibina dan berkembang hingga bisa menjadi besar. Masih banyak kelompok UMKM sejenis yang perlu didukung dan didorong.

"Selain UKM Kacang Goreng seperti yang dikelola Koperasi Gapoktan daerah ini. Beberapa waktu lalu kita bersama Pemkab Pasaman juga sudah melonching UKM di Bonjol yakni Kipang Pulut Bonjol," ujarnya.

Sementara itu, Musliarni Pembina Koperasi Gapoktam yang juga sekaligus menjabat sebagai anggota DPRD Pasaman, menyampaikan bahwa, Koperasi Gapoktan ini baru berdiri sekitar enam bulan yang lalu.

Katanya, untuk mengembangkan Koperasi Gapoktan ini, saat ini pihak nagari Sundatar sudah meminjamkan bangunan untuk kemajuan Koperasi ini selama lima tahun ke depan.

Apresiasi atas kedatangan Ibu Emma Yohanna dan rombongan yang telah sempat meluangkan waktunya untuk bersilatutahmi dengan anggota Koperasi Gapoktan di daerah ini.

"Dengan kedatangan anggota DPD RI ke daerah ini, mudah-mudahan kedepan dapat memberikan motivasi bagi kami, terutama dalam pengembangan dan pemasaran UKM seperti Kacang Goreng yang dikelola oleh Koperasi Gapoktan ini," ujarnya.

Musliarni berharap, kelompok-kelompok usaha dan warga binaannya bisa terus mengembangkan kreatifitas ke depan. "Mudah-mudahan ke depannya bisa terus bertambah produk-produk baru.," ujarnya.

Sementara itu, Kasi UKM Dinas Perindag Pasaman, Rizal mengatakan, pemerintah daerah berkomitmen meningkatkan UMKM di Pasaman seperti, kacang goreng, ukiran kerajinan tangan dan Kipang pulut, dan lainnya di daerah ini.

"Kita dari UMKM Pasaman selalu memberikan pelatihan dan pembinaan kepada kelolok UKM yang ada di daerah ini, baik cara pengolahan nya, pemekingan maupun pemasarannya," katanya.

Selain itu, katanya, pada setiap iven-iven besar baik tingjat provinsi dan nasional, produk UKM di Pasaman juga selalu kita promosikan oleh Dinas Koperindag dan UKM baik kepada perantau, provinsi, dan kegiatan di tingkat nasional.

"Kita berharap kepada, Ibu Emma Yohanna selaku anggota DPD RI jiga ikut membantu UKM Pasaman ini, jadikanlah produk UKM Pasaman ini menjadi buah tangan pasaman baik yang datang ke Pasaman maupun perantau-perantau kita yang ada di luar," ujarnya.(##)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita